Bidang Kominfo Resmi Membuka Sekretariat PPID Pelayanan Informasi Publik

Minggu, 27 September 2015 - 10:47:24 WIB

Temanggung. Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.
 

Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada 30 April 2010 merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi di Indonesia.

 

Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik dimana setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan dengan cara mudah dan sederhana.

 

Dalam upaya memenuhi hak pemohon informasi sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, dan berdasarkan Peraturan Bupati 35 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung serta Surat Keputusan Bupati No 555 Tahun 2014 tentang Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung.

 

Adapun mencakup dari keputusan diatas maka, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Bidang Kominfo membangun Sekretariat Pelayanan Informasi Publik yang disebut dengan Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang menjadi satu kesatuan dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung di Jalan Suwandi Suwardi No.17 Kabupaten Temanggung.

 

Pelayanan dilaksankan setiap hari jam kerja mulai dari hari Senin s/d Kamis Pukul 09.00 - 14.30 WIB, dan pada hari Jumat Pukul 09.00 - 10.30 WIB. Selain itu juga diluncurkan website www.ppid.temanggungkab.go.id, untuk menjembatani kebutuhan informasi masyarakat melalui media online.

 

Diharapkan dengan diluncurkannya dua sarana pelayanan publik ini, keterbukaan informasi publik kepada masyarakat di Kabupaten Temanggung akan semakin maju. (Kmf-Aim)

 






Setiap Saat

GET MORE INFO

Serta Merta

GET MORE INFO

Dikecualikan

GET MORE INFO

Berita Terbaru


Informasi Serta Merta




PPID Temanggung

Alur Permohonan Informasi Publik

Silahkan download dan isi formulir permohonan Informasi Publik