KPID Prov. Jawa Tengah Mengadakan Pembekalan Kelompok Masyarakat Pemantau Isi Siaran 2016

Kamis, 28 Januari 2016 - 15:19:31 WIB

Temanggung. KPID Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika, Bidang Kominfo mengadakan pembekalan kelompok masyarakat pemantau isi siaran di Temanggung yang dilaksanakan di Gedung Pusat Komunitas Kreatif dan UMKM Kabupaten Temanggung, Rabu (27/01/2016).

 

Sambutan kegitan  disampaikan oleh Kasie SKDI Bidang Kominfo Agus Susatyo, M.Pd menyampaikan terimakasih kepada KPID telah mengadakan Pembekalan Kepada Kelompok Masyarakat Pemantau 2016 di Temanggun, untuk itu peran serta kelompok yang hadir ini dapat memantau siaran apa saja yang baik dan buruk, sehingga jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh para pngguna media penyiaran hendaknya segera di laporkan ke KPID Prov. Jateng dan juga dapat melau Kominfo Temanggung yang di tugaskan sebagai penanggung jawab.

 

Ketua KPID Prov. Jateng Budi Setyo Purnomo, S.Sos, M.I.Kom menyampaikan, Sebagai masyarakat yang peduli akan pentingnya siaran dalam menyampaikan informasi agar tidak menyimpang dari aturan yang telah ditetapkan KPID, maka perlu diperhatikan beberapa faktor, antara lain; cermati program yang rawan pelanggaran (berita tentang issue sensitif, infotainment, film kekerasan, tayangan mistis), cermati jam siarnya (tayangan dewasa, materi seksualitas, kekerasan, mistik) hanya boleh disiarkan pukul 22.00-03.00 WIB.
 
Perhatikan keterlibatan anak-anak (anak-anak dilarang dijadikan narasumber dalam wawancara urusan rumah tangga orang tuanya, kasus hukum yang menimpa anak-anak harus disamarkan identitasnya), cermati iklan (dilarang superlatif/mengklaim satu-satunya, mengandung unsur menyesatkan, dan mengajarkan tuntunan yang salah seperti iklan kampanye di luar waktu kampanye).
 
Cermati ucapan penyiar (dilarang menggunakan kata-kata cabul, mengumpat, memojokkan pihak tertentu), perhatikan lirik lagu (dilarang bermuatan cabul, mengesankan hubungan seks, mengesankan wanita sebgai objek seks), perhatikan tayangan asing (seperti video clip lagu barat, berita mancanegara) karena regulasi penyiaran luar negeri berbeda di Indonesia.
 
 
(Kmf-Aw)

 






Setiap Saat

GET MORE INFO

Serta Merta

GET MORE INFO

Dikecualikan

GET MORE INFO

Berita Terbaru


Informasi Serta Merta




PPID Temanggung

Alur Permohonan Informasi Publik

Silahkan download dan isi formulir permohonan Informasi Publik