SENGKETA TIDAK MESTI DIBAWA KE JALUR HUKUM

Selasa, 31 Januari 2017 - 09:20:00 WIB

TEMANGGUNG, Tidak semua kasus pelanggaran hukum atau sengketa yang terjadi di masyarakat diselesaikan melalui jalur hukum namun sebisa mungkin mengedepankan pendekatan alternatif penyelesaian sengketa (APS) berupa konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi, atau penilaian ahli.
     Kepala Kepolisian Resort Temanggung AKBP Wahyu Wim Hardjanto menegaskan dalam penyelesaian sengketa dan persoalan pelanggaran hukum di masyarakat Polres Temangung sebisa mungkin mengedepankan pendekatan alternatif penyelesaian sengketa (APS) berupa konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi, atau penilaian ahli dari pada melalui jalur hukum di persidangan. Kasus menonjol, penyakit masyarakat, atau pelanggaran hukum pidana dengan pelaku yang dinilai tidak dapat diperbaiki dengan pembinaan baru ditempuh melalui jalur hukum.
     Dikatakan dalam pendekatan APS, peran Babinkamtibmas sangat sentral. Karena itu pada personelnya untuk terus menimba ilmu, berlatih, dan menambah jam terbang dengan banyak berinteraksi di masyarakat. Pada interaksi itu akan ditemui banyak permasalahan hukum dan sengketa di masyarakat.
     Sengketa atau konflik, terangnya, diusahakan dapat selesai di tingkat bawah, dengan mempertimbangkan kondusifitas, tetap menjaga kerukunan, kedamaian warga masyarakat. Permasalah serius yang sampai Polres dan itu pun tetap diusahakan melalui pendekatan penyelesaian sengketa. Kapolres berharap warga masyarakat menjaga Kamtibmas sebaik mungkin sehingga tidak terjadi pelanggaran hukum. (Hms17/Edy Laks)

Sumber : http://temanggungkab.go.id 






Setiap Saat

GET MORE INFO

Serta Merta

GET MORE INFO

Dikecualikan

GET MORE INFO

Berita Terbaru


Informasi Serta Merta




PPID Temanggung

Alur Permohonan Informasi Publik

Silahkan download dan isi formulir permohonan Informasi Publik