Pelatihan Citizen Journalism

Rabu, 29 Maret 2017 - 10:11:27 WIB

Temanggung, InfoPublik – STMM MMTC Yogyakarta menggelar Pelatihan Citizen Journalism bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung.  Pelatihan ini dilaksanakan di gedung Pusat Komunitas Kreatif kompleks Gedung Pemuda Kab. Temanggung.

Wakil Bupati Kabupaten Temanggung, Irawan Prasetyadi, S.Sos, M.Par. membuka pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 21-24 Maret 2017. Pembuka pelatihan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung memberikan materi yang bejudul Peran LPPL di Era Globalisasi.

“Tidak hanya wartawan yang dapat menjadi jurnalis, namun masyarakat juga dapat menjadi Citizen Journalism,”ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Ir. Sigit Suliantono.

Peserta pelatihan dihadiri oleh Bagian Humas Setda Kabupaten Temanggung, penyiar radio Temanggung, Guru SMK Multimedia dan Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung.

STMM MMTC Yogyakarta, memberikan beberapa materi mengenai jurnalistik yang dibagi menjadi 4 hari yaitu pada hari pertama Sejarah Citizen Journalism, Perkembangan Format Penyajian Berita dan Teknik  Pengambilan Gambar. Materi di hari kedua yaitu, Bahasa Jurnalistik, Etika Jurnalistik, Struktur Berita TV, Perencanaan Produksi Berita TV, Perencanaan Produksi dan Pembagian Kelompok. Pada hari pertama dan kedua peserta diberikan materi dan teori dasar jurnalistik, yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok untuk membahas perencanaan produksi.

Ketiga kelompok tersebut memiliki tema liputan yang berbeda yaitu kelompok pertama mengangkat tema mengenai Wahana Air Pikatan Waterpark Temanggung, kelompok kedua mengangkat tema Kuliner Tradisional Pecel Kenci dan Kelompo ketiga mengangkat tema Mengungkap Curug Bolang.

Di Hari Ketiga, peserta pelatihan praktik pengambilan gambar langsung menuju lokasi yang sudah ditentukan. Peserta diberi waktu hingga jam 12.00 siang kemudian dilanjutkan materi Teknik Editing Audio Video. Hari terakhir pelatihan peserta praktik editing video dan evaluasi hasil editing, pengambilan gambar dan penulisan naskah.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat Kabupaten Temanggung dapat memberikan informasi dan mengangkat keanekaragaman Kabupaten Temanggung melalui Citzen Journalism. (TR)






Setiap Saat

GET MORE INFO

Serta Merta

GET MORE INFO

Dikecualikan

GET MORE INFO

Berita Terbaru


Informasi Serta Merta




PPID Temanggung

Alur Permohonan Informasi Publik

Silahkan download dan isi formulir permohonan Informasi Publik